Cara Membuat Puisi

Selamat pagi sobat gie, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat puisi. Sebetulnya mudah ya bagi sobat yang suka merangkai kata, satu demi satu kata di susun menjadi sebuah kalimat atau frase yang indah, enak bila di baca, lezat bila di dengar dan nikmat bila dicermati. Sederhana tapi sarat akan makna.
Cara Membuat Puisi 
Nah langsung saja berikut caranya (Versi Kupuciters):

Tema

Dalam menentukan Tema menurut saya tidak sulit, wakilkan saja perasaan sobat sebagai temanya. Misal sobat sedang "Jatuh Cinta" tentunya perasaan yang mewakili adalah perasaan senang, berflower-flower, optimisme dsb. Sebaliknya jika sedang "GALAU" wa aah ini ni biasanya kata-kata yang keluar afgan,rosa afgan,rosa Rhoma (terlaluhh) :D maksudnya kata2'y sadiz gitu. Ok untuk tema saya pikir itu yang perlu digaris bawahi adalah wakilkan perasaan sobat sebagai temanya.

Mulailah Menulis Kalimat

Setelah dapat nih temanya coba tulis sebuah kalimat sesuai tema, saya kasih contoh ya sedikit. ekhemz..
Jika perasaan sobat sedang bahagia:
"Hari ini ku lihat dunia tersenyum kepadaku, Seolah memintaku melakukan sesuatu"
itu hanya contoh sobat bisa mengexplore lagi lebih dalam.

Gunakan Majas dan Konotasi Kata

Ini sebenarnya resep rahasia membuat puisi terlihat enak dan lezat tadi bisa dibilang ini kata-kata hebatnya. Selain dua poin diatas jangan lupa selipkan beberapa bait menggunakan majas atau konotasi. Contohnya bisa sobat lihat dibeberapa puisi karya saya sebagian besar menggunakan ini saya beri satu contoh:
Ku melihat matahari terbenam di kamarku
terpaku ku diam mencari alasan
terpaan jingga tak mampu menepis dua mata yang pedih
desisan suaranya tak mampu menuai hati yang sakit
Penggalan puisi di atas bisa sobat lihat di sini.

Menulislah seperti sedang bercerita

Menulis puisi tidak usah sobat harus pusing, berceritalah. Apa yang sobat rasakan tuangkanlah. Cara ini lebih efektif dibanding sobat sengaja membuat puisi galau tapi perasaannya sedang bahagia. Intinya biar lebih menjiwai..hhi dan setelah itu tanpa sadar sobat akan menyadari "saya bisa merangkai kata-kata hebat"
Tips: "Gunakan otak kanan dalam membuat puisi, ga usah terlalu dipikirkan harus menulis apa"
Mungkin segitu dulu tips membuat puisinya, semoga bermanfaat nanti di lanjut lagi yaw..


3 Responses to "Cara Membuat Puisi"